Rabu, 20 April 2011

Potensi Investasi Wisata Kab.Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara mmerupakan salah satu Kabupeten di wlilayah Jawatengah bagian selatan, Kabupaten Banjarnegara mempunyai luas wilayah 1.064,52 km persegi, terbagi menjadi 20 Kecamatan, 12 Kelurahan dan 253 Desa. Terletak antara 712' sampai 731' Lintang Selatan dan 231' sampai 308' Bujur Timur.
Di kabupaten Banjarnegara ada beberapa tempat wisata yang menarik diantaranya :

1. Dataran Tinggi Dieng
Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang menawarkan panorama eksotis yang perpaduannya hanya dimiliki oleh kawasan di Kabupaten Banjarnegara.Berasal dari kata Dihyang yang artinya sangat tepet dengan pola kehidupan masyarakat yang menciptakan suasana disiplin spiritual kuat sehingga nuansa spiritual berpadu dengan pola kehidupan dan tempat-tempat eksotis di kawasan ini.Dataran Tinggi Dieng memiliki hawa sejuk karena terletak pada ketinggian 2.000 m diatas permukaan laut dan berjarak 55 km dari kota Banjarnegara.Dieng memiliki luas 110 Ha merupakan tujuan wisata Nasional dan Internasional.Perpaduan unik antara budaya dan alam menawarkan wisatawan suatu suguhan yang hanya bisa ditemukan di kawasan in.Di Kawasan Wisata Dataran Tingi Dieng terdapat candi-candi dan berbagai fenomena alam.

2. SIBIRA

Sibira merupakan singkatan dari 3 lokasi tujuan wisata di Dataran Tinggi Dieng yang selama ini belum dibuka untuk umum , yaitu Sileri, Bitingan dan Rawe. Potensi yang ada di lokasi tersebur menyuguhkan panorama yang eksotis, seperti Kawah Sileri,Air Panas Bitingan dan Curug si Rawe. Sileri merupakan kawah terluas di Kawasan Tinggi Dieng, Bitingan merupakan sumber air panas debit tinggi. Sedangkan Curug Si Rawe merupakan air terjun yang di dalamnya terdapat air panas dan dingin.

3. Kelompok Candi Arjuna dan Candi Gatotkaca

Kelompok Candi Arjuna dibangun pada 809 M, peninggalan sejarah yang merupakan Candi Hindu tempat bermeditasi para leluhur.Kelompok candi tersebut terdiri dari Candi Arjuna , Candi Semar , Candi Srikandi , Candi Puntadewa dan Candi Sembrada. Candi-candi tersebut di bangun dalam waktu yang tidak bersamaan.

Candi Gatotkaca merupakan satu-satunya candi yang mampu bertahan dari proses alam dibandingkan candi-candi lain dalam kelompok ini: yaitu Candi Sayekti, Candi Petruk , Candi Antareja , Candi Nakula Sadewa dan Candi Nalagareng.Nuansa spiritual sangat terasa di sekitar candi yang berdiri kokoh dan masih utuh untuk ukuran candi bersejarah.

tempat - tempat wisata diatas merupakan tempat wisata yang sangat potensi untuk dikembangan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga sangat membuka untuk para investor untuk berivestasi untuk mengembangkan tempat wisata tersebut.
potensi lain untuk perkembangan potensi investasi wisata di banjarnegara adalah adanya beberapa hotel yang bisa digunakan untuk tempat istirahat bagi wisatawan.
beberapa hotel yang ada di banjarnegara adalah :

GARUDA HOTEL
Jln. DIPA YUDA 30 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 592019

MARDIANA HOTEL
Jln. MT HARYONO 12 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 591060

SENTRAL HOTEL
Jln. PANJAITAN 24 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 591113

BANJARNEGARA HOTEL
JL. Pemuda 0286 592420

AGUNG HOTEL
SUPRAPTO 10 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 591120

SOKANANDI HOTEL
TENTARA PELAJAR KM 3 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 592535

SETIA HOTEL
VETERAN 57 BANJARNEGARA
Tlp. 0286 591077

GADING REJO
Tlp. 0286 591408


Minatkan anda untuk berinvestasi dibidang wisata di Kabupaten banjarnegar, yang pasti potensi dan peluang masih sangat terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar